Header Ads

Cara Mengatasi Jari Keseleo Dirumah

Cara Mengatasi Jari Keseleo Dirumah - Pernahkan kalian mengalami jari keseleo? pasti akan terasa sakit untuk digerakan jika masalah itu terjadi dan disini saya akan membantu kalian untuk mengatasi hal tersebut dan untuk menambah wawasan kalian tentang kesehatan. Mari kita simak bersama - sama artikel dibawah ini.
Cara Mengatasi Jari Keseleo Dirumah

Definisi

Apa itu Jari Keseleo?

Jari keseleo atau jari terkilir adalah cedera di mana tendon jari meregang atau robek. Ligamen adalah blok jaringan fibrosa kuat yang menghubungkan satu tulang ke tulang lainnya. Jari dan ibu jari bisa terkilir ketika melentur ke arah yang tidak biasa, sering kali ketika tangan jatuh terlentang.

Seberapa Umumnya Jari Keseleo?

Jair keseleo bisa terjadi pada setiap orang. Keseleo biasanya terjadi para orang yang berolahraga seperti sepakbola, basket dan olahraga yang berkaitan dengan raket seperti badminton atau tenis.

Tanda - Tanda Dan Gejala

Apa Saja Tanda - Tanda Dan Gejala Jari Keseleo?

Gejala jari yang keseleo termasuk sakit pada sendi di jari, sakit luar biasa pada jari, pembengakan, nyeri, dan gerakan jari yang terbatas. Mungkin terasa atau terdengar suara retak di dalam jari. Cedera serius atau ligament robek dapat menyebabkan jari lemah dan tidak bisa bekerja dengan baik.
Mungkin ada beberapa gejala dan tanda yang tidak disebutkan. Jika kalian memiliki pertanyaan tentang tanda - tandanya, silahkan konsutasikan dengan dokter kalian.

Kapan Saya Harus Periksa Ke Dokter?

Jika kalian memiliki gejala seperti disebutkan di atas atau cedera tangan saat berolahraga, atau memiliki pertanyaan atau khawatir, silahkakn konsultasikan dengan dokter kalian. Kondisi setiap orang berbeda. Selalu diskusikan dengan dokter kalian untuk petunjuk lebih lanjut, metode diagnosis dan pengobatan terbaik bagi kalian.

Penyebab

Apa Penyebab Jari Keseleo?

Penyebab jari keseleo bisa karena kecelakaan dalam olahraga seperti bola tangan dalam permainan bola atau membengkokkan tangan terlalu kuat. Jatuh dengan keras bisa menyebabkan keseleo. Bagi yang pernah cedera jari atau tangan mungkin karena alat pelindung kurang fleksibel, tidak cocok atau tidak cukup aman.

Faktor - Faktor

Apa Yang Meningkatkan Risiko Saya Untuk Jari Keseleo?

Faktor - faktor risiko berikut meningkatkan risiko keseleo :
  • Kurang Olahraga, membuat tubuh kalian lebih lemah dan mudah keseleo.
  • Kelelahan, kelelahan akan melemahkan otot untuk mendukung persendian. Ketika lelah, kalian tidak memiliki kemampuan yang meningkatkan kerja sendi atau otot meregang berlebihan, mengakibatkan keseleo.
  • Pemanasan Tidak Benar, pemanasan yang tidak benar sebelum olahraga akan menahan, mengurangi gerak sendi, membuat tubuh lebih terikat dan mudah cedera atau ligament tulang dan sendi robek.
  • Kondisi Lingkungan, permukaan yang tidak licin atau tidak rata membuat kalian lebih rentan cedera.
  • Penggunaan Alat dan Peralatan Yang Tidak Benar, sepatu atau peralatan olahraga berkualitas rendah dapat menyebabkan keseleo.

Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter kalian.

Apa Saja Pilihan Pengobatan Saya Untuk Jari Keseleo?

Tujuan utama pengobatan keseleo mengurangi rasa sakit, bengkak dan membantu orang kembali berolahraga atau beraktivitas dengan aman secepatnya.
Pengobatannya termasuk istirahat, kompres dan memijat tangan.
  • Kompres jari kalian dengan es selama 15-20 Menit, empat kali sehari, sampai bengkak dan nyerinya hilang.
  • Taruh tangan kalian diatas bantal untuk mengangkat tangan selama dua hari dapat membantu mengurangi bengkak.
  • Obat anti peradangan(ibuprofen, aspirin) atau obat lain (acetaminophen) bisa mengurangi sakit dan peradangan.
  • Untuk mengatasi jari keseleo, dokter dapat mengobatinya dengan memijat setiap jari. Kemudian bisa juga diikat dengan kawat untuk bisa bergerak dengan jari lainnya.
Ibu jari yang keseleo (khususnya ibu jari atlet) bisa lama sembuhnya, khususnya jika ligament kemungkinan sobek, kadang - kadang membutuhkan operasi untuk menyembuhkan lukanya. Jari keseleo atau dislokasi dengan fraktur bisa bengkak dan mengurangi mobiltas dan kekuatan selama beberapa minggu atau bahkan beberapa bulan. Tapi jika hanya keseleo, gejalanya bisa hilang dalam 1-3 minggu.
Kembali beraktivitas terlalu cepat dapat menyebabkan cedera lebih parah dan mengakibatkan kerusakan permanen.
Olahraga seperti meremas bola dan jari dapat membantu kalian meregangkan jari - jari jadi lebih kuat selama penyembuhan. Tetapi fisik dapat membantu sendi bergerak lebih baik.

Pengobatan Dirumah

Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi jari keseleo?

Gaya hidup dan pengobatan rumahan berikut dapat membantu kalian mengatasi jari keseleo :
  • Gunakan kompres es dan angkat tangan ditaruh di atas bantal untuk membantu mengurangi jari bengkak.
  • Berlatih olahraga (meremas bola atau meregangkan jari) untuk membantu jari kalian lebih kuat saat pengobatan.
  • Minum obat sesuai anjuran dokter.
  • Belajar dan lakukan teknik, menggunakan perlengkapan olahraga dengan benar.
  • Menggunakan alat pembantu, seperti perban untuk melindungi ligament sangat membantu, khususnya setelah operasi.
Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah kalian.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.