Header Ads

Cara Mengobati Penyakit Gondongan

Cara Mengobati Penyakit Gondongan - Disini saya akan memberi tau cara mengobati penyakit gondongan yang mungkin pernah atau sedang kalian alami tetapi sebelum lanjut saya sarankan untuk membaca beberapa artikel yang sudah saya tulis untuk menambah wawasan kalian. Saya akan mengulas Pengertian Gondongan, Penyebab Gondongan, Cara Pengobatan dan lain sebagainya yang bersangkutan dengan penyakit Gondongan.
Cara Mengobati Penyakit Gondongan

Pengertian Penyakit Gondongan

Gondongan adalah suatu infeksi virus yang menular yang dapat menyebabkan pembengkakan kelenjar liur. Pembengkakan ini dapat terjadi pada satu sisi atau duasisi sekaligus disertai rasa nyeri.
Gondongan ditularkan melalui percikan air ludah pembawa virus. Gondongan akan sangat mudah menyebar terutama dilingkungan yang padat. Masa inkubasi atau masa sejak masuknya kuman kedalam tubuh sampai timbulnya gejala adalah 18 hari. Naun hal itupun bukan angka yang pasti karena daya tahan tubuh manusia yang berbeda - beda. Jika daya tahan tubuh manusia bagus maka tidak akan timbul gejala sama sekali akan tetapi jika daya tahan tubuh manusia tidak terlalu bagus maka virus dengan mudah menyebar dan menimbulkan gejala.

Penyebab Gondongan

Penyakit gondongan memiliki penyebaran virus yang dapat ditularkan melalui kontak secara langsung seperti percikan ludah dan juga muntah. Virus ini dapat ditemukan didalam urin seseorang dari hari pertama sampai hari keempat belas setelah terjadi pembesaran kelenjar di wajah.
Penyakit gondongan jarang ditemukan pada seorang anak yang berumur kurang dari 2 tahun hal tersebut terjadi karena anak tersebut masih memiliki atau dilindungi oleh anti bodi yang bekerja dengan baik.

Cara Mengobati Gongongan


Beberapa cara dibawah ini adalah cara untuk mengobati oenyakit gondongan. mari kita simak bersama - sama.
  • Bawang Putih

Khasiat bawang putih tidak perlu diragukan lagi, selama ini bawang putih banyak digunakan untuk mengobati berbagai penyakit salah satunya yaitu penyakit gondongan. Cara pengobatan menggunakan bawang putih ini sangat lah mudah sekali yaitu kalian tinggal memasak masakan dengan menambahkan banyak bawang putih didalamnya. Bawang putih ini mampu merangsang produksi gluthatione didalam tubuh kita. Gluthatione ini berfungsi sebagai penambah kinerja dari kelenjar paroid tersebut. Semakin baik kinerja dari kelenjar paroid tersebut maka bisa menyebabkan pembengkakan menjadi menghilang atau bisa kempes secara perlahan - lahan.
  • Vitamin C

Virus tidak dapat dimatikan akan tetapi bisa dilumpuhkan oleh sebab itu, untuk mengobati penyakit ini kalian disarankan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kalian terlebih dahulu. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung banyak vitamin C. Makanan yang mengandung vitamin C pun harus kalian konsumsi agar sistem imun atau sistem kekebalan tubuh kalian meningkat dan stabil. Sistem kekebalan tubuh yang meningkat dan stabil dapat digunakan untuk melemahkan virus penyebab penyakit gondongan tersebut. Oleh sebab itu jika sistem kekebalan tubuh melemah maka penyakit gondongan tidak akan mudah hilang.
  • Mengonsumsi Makanan yang Lunak

Agar gejala penyakit gondongan tidak semakin parah dikarenakan mengonsumsi makanan yang kasar, ada baiknya jika kalian mengonsumsi makanan yang bertekstur lunak agar mudah ditelan. Makanan seperti bubur lebih baik dikonsumsi dibandingkan dengan makanan yang bertekstur kasar. Saat gondongan sebaiknya menghindari makanan mie instan sebab mie instan merupakan makanan yang sulit dicerna. Saat penderita gondongan mengkonsumsi makanan yang kasar juga akan sulit dicerna, akibatnya adalah mereka akan merasakan sakit pada kelenjar paroidnya. Tidak hanya itu saja, makanan itu juga akan kesulitan ditelan sehingga akan membuat penderita semakin merasa kesakitan.
  • Jahe

Jahe merupakan obat herbal alami yang dipercaya bisa digunakan untuk mengatasi berbagai macam masalah kesehatan. Jahe untuk menghilangkan gondongan ini sangat mudah yaitu sebagai berikut ini :
  • Siapkan 2 rimpang jahe dalam ukuran besar.
  • Tumbuh jahe tersebut sampai jahe benar benar halus dan lembut.
  • Saat jahe sudah halus atau lembut, tambahkanlah aiir ke dalam tumbukan jahe tersebut.
  • Setelah itu oleskanlah tumbukan jahe yag telah lembut ke bagian gondongan anda.
  • Cara lainnya anda bisa mengompres area yang bengkak tersebut menggunakan jahe yang teah diparut dan diberi air itu.
  • Lakukanlah secara teratur agar gondongan anda segera kempes.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.