Header Ads

Cara Gaya Hidup Dan Pengobatan Gigitan dan Sengatan

Cara Gaya Hidup Dan Pengobatan Gigitan dan Sengatan - Taukah kalian ternyata gigitan juga dapat berbahaya untuk keselamat kalian lho. Tidak percaya? gigitan bisa membahayakan keselamatan kalian tergantung seberapa bahayanya gigitan dari sesuatu yang menggigit kalian. mari kita baca dan simak bersama - sama artikel yang saya tulis dibawah ini tentang gigitan dan sengatan.
Cara Gaya Hidup Dan Pengobatan Gigitan dan Sengatan

Definisi

Apa itu Gigitan dan Sengatan?

Gigitan bisa disebabkan oleh spesies seperti semut, kutu, lalat dan nyamuk. Sedangkan sengatan biasa disebabkan oleh lebah dan tawon. Gigitan yang terasa panas ini terasa mengganggu, namun beberapa gigitan dapat menyebabkan luka bakar dan alergi pada beberapa orang. Di samping serangga, laba - laba juga dapat menjadi penyebab gigitan. Meskipun gigitan dari laba - laba dapat menyebabkan ketidaknyamanan namun kebanyakan luka akan benar - benar sembuh setelah beberapa lama.

Seberapa Umumkah Gigitan dan Sengatan?

Orang - orang yang tinggal di area hutan atau sering pergi ke hutan akan lebih sering terkena gigitan serangga dari pada tinggal di daerah urban. Kalian dapat mencegah kondisi ini dengan mengurangi faktor - faktor resiko. Konsultasikan dengan dokter untuk informasi lebih lanjut.

Tanda -  Tanda dan Gejala

Apa saja tanda - tanda dan gejala gigitan dan sengatan?

Pertama, kalian akan merasa sakit dan gatal, kemudian terdapat ruam dan pembengkakan, bahkan infeksi. Gigitan sering dapat menyebabkan sakit dan pembengkakan pada daerah yang digigit. Orang yang di gigit  terkadang mengalami gejala seperti edema, lemah, pusing, muntah, pingsan, susah bernafas dan diare. Pada kasus korban reaksi alergi berat pada gigitan dan sengatan, gagal ginjal, jantung, dan kematian dapat terjadi. Gigitan laba - laba di luar dapat menyebabkan rasa disengat, kemerahan dan pembengkakan, dapat juga memiliki gejala seperti berikut :
  • Luka lepuh yang berdarah, nyeri dan infeksi.
  • Sakit kepala dan myalgia.
  • Demam dengan kejang otot perut, anggota gerak badan, punggung, tekanan darah tinggi, berkeringat dan muntah. Mungkin ada gejala - gejala yang tidak disebutkan di atas.
Apabila kalian mempunyai kekhawatiran mengenai sesuatu gejala konsultasikan pada dokter.

Kapan Saya harus periksa ke dokter?

Hubungi dokter kalian apabila mengalami nyeri berat pada luka gigitan, infeksi atau menderita kejang otot, kesulitan bernafas, atau masalah kesehatan akut. Kalian juga harus menghubungi dokter secara spesifik apabila mengalami gatal, kesulitan bernafas, kesulitan menelan atau kesulitan berbicara. Apabila kalian hamil dan terkena gigitan, segera menemui dokter untuk mencegah komplikasi yang dapat mempengaruhi fetus.

Penyebab

Apa penyebab gigitan dan sengatan?

Penyebab umum dari gigitan dan sengatan biasanya adalah serangga seperti semut, kutu, lalat dan nyamuk. Terdapat pula spesies - spesies seperti laba - laba, kalajengking dan tungau.

Faktor - Faktor Risiko

Apa yang meningkatkan risiko saya untuk gigitan dan sengatan?

Kalian dapat memiliki risiko gigitan dan sengatan serangga apabila kalian pergi ke dalam hutan tanpa memakai pakaian pelindung atau tinggal didekat hutan yang gelap dan lembap.

Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter kalian.

Apa saja pilihan pengobatan saya untuk gigitan dan sengatan?

 Gigitan laba - laba biasanya akan sembuh dengan sendirinya. Untuk banyak gigitan dan sengatan, gunakan kantong es atau cold packs, krim streoid dan antihistamin untuk meredakan gatal dan bengkak. Antibiotik digunakan untuk mengobati demam yang disebabkan oleh gigitan kutu. Kalian juga mungkin akan membutuhkan suntikan tetanus, menggunakan analgesik dan relaksan otot untuk meredakan rasa sakit. Streoid oral juga dapat digunakan untuk mengobati kasus - kasus reaksi alergi berat atau saat gigitan dan sengatan terasa sangat menyakitkan. Apabila ruam muncul atau terjadi reaksi alergi berat, Kalian harus segera temui dokter. Dokter kalian akan memberi epinephrine untuk meredakan kondisi.

Pengobatan Dirumah

Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi gigitan dan sengatan?

Gaya hidup dan pengobatan rumahan berikut ini dapat membantu kalian mengatasi gigitan dan sengatan :
  • Apabila kalian sensitif terhadap gigitan, persiapkan diri kalian untuk menyuntik diri sendiri dengan epi pen.
  • Basmi kutu pada hewan peliharaan sesegera mungkin.
  • Taruh gigitan laba - laba horizontal dengan tanah, lalu angkat area yang di gigit dan tempel dengan es.
  • Gunakan obat - obatan penghilang rasa sakit sesuai dengan anjuran dokter.
Bila ada pertanyaan, konsultasikan dengan dokter untuk solusi terbaik masalah kalian.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.