Header Ads

Cara Mengatasi dan Pencegahan Penyakit Flu

Cara Mengatasi dan Pencegahan Penyakit Flu - Siapa si yang belum pernah mengalami yang namanya flu, rata - rata semua orang pasti pernah mengalami flu dari gejala yang ringan sampai gejala yang parah. dan disini saya akan mengulas tentang penyakit flu untuk kalian yang ingin mengetahui tentang flu. Mari kita baca dan simak bersama - sama di bawah ini.
Pengertian Dan Cara Mengatasi Flu Seseorang

Pengertian Flu

Semua orang pasti pernah mengalami flu. Penyakit ini terjadi akibat infeksi virus yang menyerang saluran pernafasan.
Masa inkubasi flu termasuk singkat. Kalian akan mengalami gejala hanya dalam beberapa hari setelah pertama kali terinfeksi. Masa di mana flu paling menular adalah sehari sebelum gejala muncul dan sekitar eman hari berikutnya.
Gejala - gejala flu yang biasa dirasakan penderita diantaranya adalah demam, sakit kepala, batuk - batuk, serta sakit tenggorokan. Gejala flu akan bertambah parah selama 2-4 hari sebelum akhirnya membaik dan sembuh.
Banyak yang mengira flu sama dengan pilek karena kemiripannya, tetapi anggapan ini tidak tepat. Flu cenderung memiliki masa inkubasi yang lebih singkat dengan gejala yang lebih parah sehingga dapat menghambat rutinitas penderita. Sedangkan pilek umumnya muncul secara bertahap dengan gejala yang lebih ringan sehingga tidak telalu berdampak kepada rutinitas penderita.

Langkah Pengobatan Untuk Flu

Kalian biasanya tidak membutuhkan penanganan medis karena penyakit ini umumnya sembuh sendiri. Beberapa langkah pengobatan yang bisa dilakukan adalah istirahat yang cukup, banyak minum, serta menjaga tubuh agar tetap hangat.
Kalian juga dapat meminum parasetamol atau ibuprofen untuk menurunkan demam serta mengurangi rasa sakit dan pegal. Kalian tidak dianjurkan mengkonsumsi antibiotik karena obat ini berfungsi membunuh bakteri, sedangkan flu disebabkan oleh virus.

Komplikasi Akibat Flu

Flu jarang menyebabkan komplikasi serius, tetapi ada beberapa kelompok orang yang sebaiknya berwaspada karena memiliki resiko komplikasi yang lebih tinggi. Diantaranya :
  • Anak - anak.
  • Ibu hamil.
  • Manula.
  • Penderita penyakit serius atau kronis seperti gagal jantung, penyakit paru - paru atau diabetes.
  • Orang - orang dengan sistem kekebalan tubuh yang menurun, seperti penderita HIV dan kanker.

Langkah Pencegahan

Penyebaran virus flu umumnya melalui bersin dan batuk dari penderita atau dari benda yang pernah disentuh penderita. Langkah utama untuk mencegah penyakit ini adalah menjaga kebersihan. Jangan lupa untuk mencuci tangan sebelum makan. Bagi pengguna kendaraan umum, disarankan untuk memakai masker saat berpergian.
Langkah pencegahan lainnya adalah dengan vaksinasi. Tetapi cara ini hanya dianjurkan bagi mereka yang lebih rentan mengalami komplikasi flu.

Gejala Flu

Beberapa gejala flu yang biasanya dialami penderita adalah :
  • Demam.
  • Pegal - pegal.
  • Batuk kering.
  • Sakit kepala.
  • Kelelahan.
  • Menggigil.
  • Sakit tenggorokan.
  • Bersin - bersin, hidung tersumbat atau hidung beringus.
  • Kehilangan nafsu makan.
Gejala flu akan bertambah parah selama sekitar 2-4 hari sebelum akhirnya mulai  membaik. Meski begitu, batuk kering yang disertai rasa lelah biasanya masih tersisa sehingga penderita flu membutuhkan waktu sekitar 14-20 hari untuk pulih sepenuhnya.
Kalian sebaiknya berwaspada dan memeriksakan diri ke dokter jika :
  • Kalian termasuk kategori orang - orang yang rentan mengalami komplikasi flu, seperti ibu hamil, manula, penderita penyakit kronis (paru - paru atau jantung), serta orang dengan sitem kekebalan tubuh yang menurun.
  • Gejala flu yang kalian alami sama sekali tidak berkurang, makin parah, atau justru tidak kunjung sembuh setelah tujuh hari.

Penyebab Flu

Penyebab utama flu adalah virus.
Penyebarannya sangat mudah karena dapat tejadi melalui udara saat penderita bersin, batuk, melalui benda - benda yang pernah terkena cipratan air ludah penderita, atau melalui kontak langsung seperti saat bersalaman dengan penderita flu.

Pengobatan Flu

Mengatasi flu biasanya tidak membutuhkan penanganan secara khusus. Kalian bisa mengobatinya sendiri di rumah. Langkah - langkah sederhana yang dapat kalian lakukan, antara lain istirahat yang cukup, menjaga cairan tubuh dengan minum yang teratur, mengkonsumsi buah - buahan dan sayur - sayuran, serta menjaga suhu tubuh tetap normal.
Menambah konsumsi cairan merupakan langkah penting agar terhindar dari salah satu komplikasi flu, yaitu dehidrasi. Ketika kalian flu dan mengalami dehidrasi, tubuh kalian akan kehilangan gula, garam, dan cairan. Kalian dapat mencoba meminum cairan yang mengandung gula dan elekrtolit / ion untuk mengembalikan keseimbangan cairan di dalam tubuh.
Obat - obatan yang dapat kalian minum jika dibutuhkan parasetamol atau ibuprofen. Keduanya berfungsi menurunkan demam dan mengurangi pegal - pegal. Sebaiknya kalian tidak mengkonsumsi antibiotik karena obat ini hanya berfungsi untuk membunuh bakteri dan bukan virus yang menyebabkan flu.
Ada beberapa kelompok orang yang rentan untuk mengalami komplikasi akibat flu, yaitu ibu hamil, manula, orang dengan sistem kekebalan tubuh yang menurun, serta penderita penyakit serius seperti penyakit jantung atau prau - paru. Karena itu, dokter biasanya akan memberikan obat antivirus.
Terdapat dua jenis antivirus yang umumnya diberikan oleh dokter, yaitu oseltamivir dan zanamivir. Tujuan pemberian obat - obatan ini adalah untuk mengurangi gejala, serta mengurangi durasi flu yang di derita pasien.

 Pencegahan Flu

 Langkah - langkah untuk mencegah flu dan penyebarannya adalah dengan :
  • Menjaga kebersihan.
  • Selalu mencuci tangan, misalna sebelum makan atau setelah berpergian.
  • Menutup mulut dan hidung saat bersin dan batuk.
  • Memakai masker saat berpergian (terutama bagi pengguna kendaraan umum) atau ketika berada di sekitar penderita flu.
  • Memastikan tubuh menerima asupan vitamin dan gizi yang cukup dan seimbang.
  • Istirahat yang cukup.
  • Olahraga yang teratur.
  • Menjaga asupan cairan.
 Flu dapat dicegah melalui vaksinasi, tetapi cara ini hanya dianjurkan bagi orang - orang yang rentan terkena flu, misalnya anak - anak, ibu hamil, manula, penderita penyakit kronis (penyakit paru - paru atau jantung), penderita kanker, dan penderita HIV.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.