Header Ads

Cara mengatasi jerawat


Cara Mengatasi Jerawat
Cara mengatasi jerawat  - Siapa si yang tidak kenal dengan yang namanya jerawat, rata - rata semua orang pernah mengalami yang namanya jerawat dan disini saya akan memberikan tips cara mengatasi jerawat tersebut akan tetapi sebelum kita membahas cara mengatasi jerawat saya ingin mengenalkan kalian terlebih dahulu apa yang namanya jerawat, penyebabnya dan lain sebagainya yang bersangkutan dengan jerawat agar pemahaman kita tentang jerawat lebih dalam dan tau cara mengatasinya. Oke sekarang kita lanjut aja silahkan kita simak bersama - sama dibawah ini.

Pengertian Jerawat

Jerawat adalah suatu keadaan di mana pori - pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang atau dengan kata lain yaitu masalah kulit pada bagian tubuh seperti wajah, leher, punggung dan dada yang ditandai dengan munculnya bintik - bintik dibagian tersebut.

Penyebab Terjadinya Jerawat

Banyak penyebab yang membuat terjadinya jerawat diantaranya :
  • Faktor Genetik
 Jika keluarga kalian merupakan penderita jerawat pada waktu masih muda maka kemungkinan jerawat yang kalian dapat merupakan  hasil dari keturunan genetika dari keluarga kalian
  • Aktivitas Hormonal
Yang dimaksud dengan Aktivitas hormonal yaitu perubahan atau siklus hormonal yang terjadi pada seseorang. Contohnya ketika menginjak pubertas atau kedewasaan, seseorang yang mengindak kedewasaan akan memproduksi kelenjar minyak yang lumayan banyak dan sebum yang banyak pula. Hal ini salah satu penyebab munculnya jerawat.
  • Hyperactive sebaceous glands
Hyperactive sebaceous glands yaitu kelenjar minyak yang telalu berlebihan dengan banyaknya kelenjar minyak yang dihasilkan akan banyak kemungkinan tersumbatnya pori - pori kulit akibatnya jerawat yang munculpun akan banyak
  • Accumulation of dead skin cells
Accumulation of dead skin cells yaitu kulit mati yang menumpuk atau terakumulasi yang menyebabkan penyumbatan pori - pori. Hal tersebut bisa menyebabkan jerawat karena tidak ada jalan keluar bagi kelenjar minyak dan akan terbentuknya komedo

dari penyebab jerawat diatas adapun penyebab jerawat dari makanan yang mungkin sering kalian konsumsi seperti dibawah ini :
  • Makanan Laut (seafood)
 Makanan Laut merupakan makanan yang banyak mengandung kandungan Yodium (Iodine). Yodium dikenal juga sebagai salah satu dapat mengakibatkan makin parahnya jerawat yang sudah ada, walaupun demikian yodium mungkin tidak cukup dikatakan penyebab munculnya jerawat. Banyak orang yang cenderung mudah terkena jerawat akan menghindari makanan dengan kandungan yodium yang tinggi.
  •  Makanan dengan Karbohidrat tinggi
Dimungkinkan juga dalam beberapa makanan dapat berubah menjadi bentuk gula tinggi (high sugar) dan sejenisnya ada hubungannya dengan kemunculan jerawat. Hipotesanya adalah jika makanan dengan karbohidrat tinggi akan berubah menjadi gula, dan dalam proses metabolismenya gula yang berlebihan ini dapat berubah menjadi lemak, yang akan mendorong pembentukan kelenjar minyak.

Cara Mengatasi Masalah Jerawat

Ada banyak cara yang dilakukan untuk menghilangkan jerawat dan disini saya akan memberi solusi cara mengatasi masalah jerawat pada wajah. Disini saya menggunakan metode lebih sederhana dan tidak harus mengeluarkan banyak biaya, maka tak perlu khawatir beberapa cara dibawah ini dapat kalian lakukan dirumah.
  •  Menggunakan Lemon
 Lemon mengandung Asam Askorbat-L yang akan dapat mengurangi peradangan pada jerawat. Selain itu, lemon bermanfaat utnuk membersihkan pori - pori kulit wajah yang tersumbat.
Lemon juga bermanfaat mencerahkan kulit secara alami. Juga sebagai penghilang dan pencegah timbulnya noda pada wajah. Oleh karena itu lemon sangat direkomendasikan bagi kalian yang ingin mengatasi masalah jerawat dikarenakan lemon memiliki banyak manfaat. adapun cara penggunaan lemon dibawah ini.
  1. Siapkan lemon terlebih dahulu lebih baik lemon yang masih segar agar mendapatkan khasiat yang lebih
  2. Cuci lemon sampai bersih agar menghilankan bakteri atau zat kimia yang menempel
  3. Selanjutnya adalah menekan sedikit lemon dengan menggunakan tangan atau dengan benda lain. Potong menjadi dua bagian dan peras, lalu tampung air perasannya dalam wadah
  4. Oleskan air perasanlemon pada wajah yang terkena jerawat dengan secara merata
  5. Diamkan sementara waktu kurang lebih 10 - 15 Menit sampai meresap kedalam kulit. Setelah itu, baru bilas wajah dengan menggunakan air dingin agar mendapatkan sensasi yang menyegarkan
  6. Keringkan wajah menggunakan handuk secara merata. Lakukan perawatan ini secara rutin sekali satu hari untuk mengatasi jerawat.
  •  Menggunakan Putih Telur
 Putih Telur dapat mengecilkan pori - pori kulit dengan cepat dan juga bermanfaat untuk mengurangi kandungan minyak berlebih dikarenakan penyebab jerawat.
Tidak hanya itu saja, kandugan Enzim Lysozim yang terdapat pada putih telur dapat menghancurkan dinding sel bakteri penyebab jerawat. Untuk menggunakan bahan ini sebagai obat anti jerawat kalian dapat melakukannya dengan mengikuti petunjuk dibawah ini.
  1.  Ambilah satu butir telur. Lalu pisahkan antara kuning dan putih telurnya.
  2. Setelah itu, kocok putih telur sampai dengan mengembang dengan menggunakan Mixer atau alat lain sampai kaku
  3. Kemudian, Oleskan pada permukaan wajah dan bagian yang terkena dengan jerawat secara merata
  4. Diamkan selama kurang lebih 10 - 15 Menit. Baru setelah itu bilas dengan air dingin.
  5. Keringkan dengan handuk secara merata.
  •  Menggunakan Masker Alpukat dan Madu
Cara alami yang terakhir untuk mengatasi masalah jerawat adalah dengan menggunakan masker dengan bahan alpukat yang ditambah madu. Bahan ini sudah dikenal sejak dulu karena manfaatnya untuk kesehatan dan kecantikan.
Kandungan yang dimiliki alpukat yaitu vitamin E dengan jumlah yang sangat banyak dapat menembus pori - pori kulit dengan begitu dapat mengurangi radang pada kulit yang terkena jerawat. Dengan demikian, jerawat akan lebih mudah kempes dengan cepat.
Adapun beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membuat masker alami alpukat dengan madu. Maka mari simak dibawah ini.
  1. Yang pertama yaitu dengan mengambil daging buah alpukat sebanyak 1 buah. Lalu masukkan dalam wadah secara merata dan sisihkan sementara.
  2.  Setelah itu, haluskan daging buah alpukat dengan menggunakan sendok atau dengan garpu sampai halus.
  3. Tambahkan satu sendok madu kedalamnya dan aduk - aduk secara merata sampai bahan ini larut.
  4. Masukkan sedikit perasan lemon jika ingin ditambahkan, aduk kembali sampai merata
  5. Oleskan bahan ini pada wajah selama 15 Menit dan diamkan sementara
  6. Lalu bilas wajah dengan air hangat dan keringkan dengan handuk. Lakukan cara ini minimal 3 kali dalam 1 minggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
itu adalah cara mengatasi masalah jerawat semoga bermanfaat untuk kalian sekalian. sekian terimakasih

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.