Header Ads

Penjelasan Mengenai Batuk

 Penjelasan Mengenai Batuk - siapa sih yang tak kenal dengan yang namannya batuk setiap orang pasti sudak pernah mengalami batuk tapi taukah kalian batuk itu apa? penyebabnya apa? dan cara mengatasinya bagaimana?. Nah disini saya akan mengulas tentang Batuk. Mari kita simak bersama - sama dibawah ini.
Penjelasan Tentang Mengenai Masalah Batuk

Pengertian Batuk

Tubuh manusia memiliki sistem pertahanan untuk melawan gangguan dari luar. Salah satunya adalah batuk. Batuk adalah respons alami yang dilakukan tubuh untuk membersihkan lendir atau faktor penyebab iritasi, seperti debu atau asap, agar keluar dari saluran pernafasan kita.
Batuk umumnya akan sembuh dalam waktu tiga minggu dan tidak membutuhkan pengobatan. Keefektifan obat batuk masih belum terbukti sepenuhnya. Ramuan buatan sendiri seperti air madu dan lemon bisa membantu meringankan batuk ringan.

Jenis - Jenis Batuk

Jenis - jenis batuk meliputi batuk kering dan batuk berdahak. Indikasi awal batuk kering biasanya adalah rasa gatal di tenggorokan yang memicu batuk. Batuk tanpa dahak ini biasanya terjadi saat tenggorokan dan saluran pernafasan bagian atas sedang mengalami peradangan.
Otak menganggap peradangan di tenggorokan dan saluran pernafasan bagian atas sebagai kondisi yang asing dan berusaha menghilangkannya dengan batuk. Karena itu, pilek atau flu bisa memicu batuk. Dalam kasus yang berdahak, batuk - batuk justru sangat membantu karena akan mengeluarkan dahak dari saluran paru - paru.

Penyebab Batuk

infeksi saluran pernafasan akibat virus adalah penyebab utama bagi sebagian besar orang batuk. Selain infeksi, penyebab batuk meliputi :
  • Penyakit jangka panjang yang kambuh, misalnya asma, Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK), atau bronkitis kronis.
  • Rinitis alergi, misalnya alergi terhadap serbuk sari (hay fever).
  • Penyakit refluks gastroesofagus karena iritasi dan luka akibat asam lambung.
Meski jarang terjadi, faktor - faktor di atas tetap bisa menjadi gejala awal dari penyakit yang menyebabkan batuk jangka panjang.

Pengobatan Batuk - Batuk

Batuk biasanya akan sembuh dengan sendirinya setelah sistem kekebalan tubuh sudah memusnahkan virus. Tidak ada cara cepat untuk menyembuhkan batuk akibat infeksi virus.
Air madu bercampur lemon adalah ramuan yang sederhana dan murah untuk menangani batuk. Dengan melembabkan tenggorokan, madu dapat meringankan iritasi yang menyebabkan batuk.
  • Obat Batuk

Keampuhan obat batuk belum terbukti sepenuhnya. Meski demikian, beberapa komposisinya dapat mengurangi gejala yang sering berhubungan dengan batuk seperti hidung tersumbat atau demam. Ada beberapa obat batuk yang mengandung parasetamol, maka pengguna harus membaca keterangan penggunaan obat agar tidak melebihi dosis yang dianjurkan.
Meski obat batuk bisa digunakan untuk segala jenis batuk dan umumnya aman, penderita diabetes dianjurkan untuk berwaspada karena obat batuk mengandung gula. Obat batuk sebaiknya juga tidak diminum lebih dari dua minggu.
  • Pereda Batuk

Pereda Batuk seperti folkodin, dekstrometarfan, dan anti-histamin hanya ampuh untuk batuk kering. Obat - obat ini berfungsi dengan menstimulasi otak untuk menekan refleks batuk.
Folkodin dan dektrometorfan memiliki beberapa efek samping dan bisa bereaksi dengan obat lain. Oleh karena itu, kalian disarankan untuk berkonsultasi dengan Apoteker atau dokter kalian sebelum meminumnya.
Kadang - kadang obat anti-histamin menyebabkan rasa kantuk dan efek ini justru bisa berdampak positif, terutama jika batuk mengganggu tidur kalian. Efek samping lainnya dari anti-histamin yang mungkin terjadi adalah mulut kering, sulit buang air kecil, sembelit, bacalah aturan pemakaian sebelum mulai mengkonsumsi suatu obat.
  • Antibiotik

Antibiotik hanya dianjurkan jika kalian mengalami infeksi bakteri sekunder seperti pneumonia karena antibiotik hanya berguna untuk membunuh bakteri dan bukan virus.
  • Berhenti Merokok

Berhenti merokok bukan hanya mesehatkan paru - paru dan tubuh kalian secara keseluruhan, tetapi juga bisa memperpanjang usia kalian. Pernafasan kalian akan membaik dan gejala seperti batuk - batuk atau sesak nafas bisa reda dalam 3 - 9 bulan setelah berhenti merokok.
Dampak positif lain dari berhenti merokok adalah setelah sebulan, kulit akan menjadi lebih sehat, cerah, dan segar. Orang yang berhenti merokok juga dapat menurunkan resiko terkena serangan jantung dan penyakit jantung lainnya sebanyak 50% dibanding mereka yang terus merokok.











Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.